BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar belakang masalah
Kepribadian muslim
merupakan tujuan akhir dari setiap usaha pendidikan islam.
Kepribadian yang diharapkan islam adalah kepribadian yang sesuai
dengan norma-norma islam. Kepribadian tidak terjadi dengan sekaligus,
akan tetapi melalui proses kehidupan yang panjang. Maka dalam hal ini
pendidikan mempunyai peran yang besar dalam pembentukan kepribadian
muslim.
Kepribadian muslim
diartikan sebagai identitas yang dimiliki oleh seseorang sebagai
cirri khas dari keseluruhan tingkah laku sebagai muslim baik yang
ditampilkan sebagai tingkah laku lahiriah maupun sikap batiniahnya.
Di satu sisi
kepribadian itu mempunyai cirri khas yang bersifat individual yang
berbeda dengan yang lainnya dan dipihak lain individu diharapkan
dapat menampilkan kepribadian yang integral dalam kelompok masyarakat
muslim sebagai ummah. Oleh sebab itu diperlukan kajian secara
komprehensif tentang kepribadian muslim tersebut.
- Rumusan masalah
Berdasarkan latar
belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan
untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya
sebagai berikut:
- Apa pengertian kepribadian muslim?
- Apa saja aspek-aspek kepribadian muslim?
- Bagaimana proses pembentukan kepribadian muslim?
- Metode pemecahan masalah
Metode pemecahan
masalah yang dilakukan melalui studi literature/metode kajian
pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa refrensi buku atau dari
refrensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas.
Langkah-langkah
pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan
dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah
pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban
permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta
pengorganisasian permasalahn.
- Sistematika penulisan makalah
Makalah ini ditulis
ke dalam 3 bagian meliputi:
BAB I : Bagian
pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, perumusan
masalah
, metode pemecahan masalah, dan sistematika penulisan masalah.
BAB II : Bagian
pembasan.
BAB III : Bagian
penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran-saran.
KATA
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim.
Segala puji syukur
penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan
dan kemampuan, sehingga makalah yang berjudul “ KONSEP KEPRIBADIAN
MUSLIM “ ini dapat diselesaikan. Sholawat dan salam semoga
senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabatnya,
keluarganya dan sekalian umatnya hingga akhir zaman.
Makalah ini
merupakan materi yang disajikan sebagai panduan pembuatan makalh bagi
mahasiswa STAIN pekalongan . mengenai kaidah dan tata cara penulisan
makalah yang baik dan benar berdasarkan prinsip 6 rukun iman yang
kita yakini. Hal ini dimaksudkan untuk membangun mental calon penulis
makalah sesuai denga prinsip yang sudah Allah SWT berikan sehingga
bias membuat penulis makalah merasa tenang dan bahagia dalam
sepanjang dan sesudah membuat makalah.
Dengan kemampuan
yang sangat terbatas, penulis sudah berusaha dan mencoba
mengeksplorasi, mensintesiskan dan mengorganisasikan dari beberapa
buku mengenai teori penulisan makalah. Namun demikian, apabila dalam
makalah ini dijumpai kekurang dan kesalahan, baik dalam pengetikan
maupun isinya, maka penulis dengan senang hati menerima kritik
konstruktif dari pembaca.
Akhirnya
semoga makalah yang yang sederhana ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Pekalongan,
November 2011
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata
pengantar
Daftar
isi
BAB
I PENDAHULUAN
- Latar belakang masalah
- Rumusan masalah
- Metode pemecahan masalah
- Sistematika penulisan makalah
BAB
II PEMBAHASAN
- PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM TENTANG KEPRIBADIAN MUSLIM
- Pengertian kepribadian muslim
- Aspek-aspek kepribadian muslim
BAB
III PENUTUP
- Kesimpulan
- Saran-saran atau Rekomendasi
BAB
III
PENUTUP
- Kesimpulan
Kepribadian muslim
yaitu kepribadian yang seluruh aspek-aspeknya baik tingkah laku
luarnya, kegiatan jiwanya maupun falsafah hidupnya dan menunjukkan
pengabdian kepada tuhan dan penyerahan diri kepadanNya dengan
disertai beberapa sifat yang mencerminkan ciri khas sebagai seorang
muslim.
Kepribadian muslim
merupakan suatu hasil dari proses sepanjang hidup. Kepribadian muslim
tidak terjadi sekaligus, akan tetapi terbentuk melalui proses
kehidupan yang panjang. Oleh sebab itu banyak factor yang membentuk
kepribadian muslim tersebut.
- Saran-saran
Dengan memahami
konsep kepribadian muslim dalam perspektif filsafat pendidikan islam
dapat diharapkan nantinya seorang pendidik dapat berfikir, berkata
dan bertindak dengan bernafaskan islami. Karena dalam tujuan
pendidikan islam itu sendiri menurut Al-Mawardi adalah diharapkan
dari seorang pendidik menjadi figure yang dapat dicontoh peserta
didik dan masyarakat, oleh karena itu segala tingkah laku pendidik
harus sesuai dan sejalan dengan norma dan nilai ajaran agama yang
berasal dari wahyu sehingga peserta didik akan mencontohnya. Hal ini
senada dengan yang dikatakan Zakiyah Drajat bahwa faktor terpenting
bagi seorang pendidik adalah pribadinnya. Kepribadian itulah yang
akan menentukan apakah ia akan menjadi pendidik dan Pembina yang baik
bagi peserta didiknya, ataukah menjadi perusak atau penghancur bagi
masa depan peserta didiknya.
Sedangkan bagi
seorang peserta didik denan memahami konsep kepribadian muslim dalam
perspektif filsafat pendidikan islam diharapkan peserta didik
nantinya dapat berbudi pekerti (berkepribadian) yang baik sehingga
dapat mudah menyerap ilmu yang diajarkan oleh pendidiknya serta
nantinya diharapkan seorang peserta didik mendapatkan kebahagiaan
didunia dan diakherat. Dan menjadi seorang yang paripurna (insane
kamil) hal ini seperti yang dikatakan oleh Hamka bahwa tujuan dari
pendidikan adalah terapannya manusia yang sempurna atau insane kamil.
Sedang menurut Zakiyah Drajat konsep Insan Kamil diartikan sebagai
manusia utuh Rohani dan Jasmaninya dapat hidup berkembang secara
wajar dan normal karena taqwa kepada Allah SWT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar