Kamis, 12 April 2012

BAB I PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar belakang masalah
Kepribadian muslim merupakan tujuan akhir dari setiap usaha pendidikan islam. Kepribadian yang diharapkan islam adalah kepribadian yang sesuai dengan norma-norma islam. Kepribadian tidak terjadi dengan sekaligus, akan tetapi melalui proses kehidupan yang panjang. Maka dalam hal ini pendidikan mempunyai peran yang besar dalam pembentukan kepribadian muslim.
Kepribadian muslim diartikan sebagai identitas yang dimiliki oleh seseorang sebagai cirri khas dari keseluruhan tingkah laku sebagai muslim baik yang ditampilkan sebagai tingkah laku lahiriah maupun sikap batiniahnya.
Di satu sisi kepribadian itu mempunyai cirri khas yang bersifat individual yang berbeda dengan yang lainnya dan dipihak lain individu diharapkan dapat menampilkan kepribadian yang integral dalam kelompok masyarakat muslim sebagai ummah. Oleh sebab itu diperlukan kajian secara komprehensif tentang kepribadian muslim tersebut.

  1. Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut:
  1. Apa pengertian kepribadian muslim?
  2. Apa saja aspek-aspek kepribadian muslim?
  3. Bagaimana proses pembentukan kepribadian muslim?

  1. Metode pemecahan masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literature/metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa refrensi buku atau dari refrensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas.
Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian permasalahn.

  1. Sistematika penulisan makalah
Makalah ini ditulis ke dalam 3 bagian meliputi:
BAB I : Bagian pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, perumusan
masalah , metode pemecahan masalah, dan sistematika penulisan masalah.
BAB II : Bagian pembasan.
BAB III : Bagian penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran-saran.













KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.
Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan dan kemampuan, sehingga makalah yang berjudul “ KONSEP KEPRIBADIAN MUSLIM “ ini dapat diselesaikan. Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabatnya, keluarganya dan sekalian umatnya hingga akhir zaman.
Makalah ini merupakan materi yang disajikan sebagai panduan pembuatan makalh bagi mahasiswa STAIN pekalongan . mengenai kaidah dan tata cara penulisan makalah yang baik dan benar berdasarkan prinsip 6 rukun iman yang kita yakini. Hal ini dimaksudkan untuk membangun mental calon penulis makalah sesuai denga prinsip yang sudah Allah SWT berikan sehingga bias membuat penulis makalah merasa tenang dan bahagia dalam sepanjang dan sesudah membuat makalah.
Dengan kemampuan yang sangat terbatas, penulis sudah berusaha dan mencoba mengeksplorasi, mensintesiskan dan mengorganisasikan dari beberapa buku mengenai teori penulisan makalah. Namun demikian, apabila dalam makalah ini dijumpai kekurang dan kesalahan, baik dalam pengetikan maupun isinya, maka penulis dengan senang hati menerima kritik konstruktif dari pembaca.
Akhirnya semoga makalah yang yang sederhana ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Pekalongan, November 2011

Penulis

DAFTAR ISI

Kata pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar belakang masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Metode pemecahan masalah
  4. Sistematika penulisan makalah
BAB II PEMBAHASAN
  1. PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM TENTANG KEPRIBADIAN MUSLIM
  2. Pengertian kepribadian muslim
  3. Aspek-aspek kepribadian muslim
BAB III PENUTUP
  1. Kesimpulan
  2. Saran-saran atau Rekomendasi






BAB III
PENUTUP

  1. Kesimpulan
Kepribadian muslim yaitu kepribadian yang seluruh aspek-aspeknya baik tingkah laku luarnya, kegiatan jiwanya maupun falsafah hidupnya dan menunjukkan pengabdian kepada tuhan dan penyerahan diri kepadanNya dengan disertai beberapa sifat yang mencerminkan ciri khas sebagai seorang muslim.
Kepribadian muslim merupakan suatu hasil dari proses sepanjang hidup. Kepribadian muslim tidak terjadi sekaligus, akan tetapi terbentuk melalui proses kehidupan yang panjang. Oleh sebab itu banyak factor yang membentuk kepribadian muslim tersebut.

  1. Saran-saran
Dengan memahami konsep kepribadian muslim dalam perspektif filsafat pendidikan islam dapat diharapkan nantinya seorang pendidik dapat berfikir, berkata dan bertindak dengan bernafaskan islami. Karena dalam tujuan pendidikan islam itu sendiri menurut Al-Mawardi adalah diharapkan dari seorang pendidik menjadi figure yang dapat dicontoh peserta didik dan masyarakat, oleh karena itu segala tingkah laku pendidik harus sesuai dan sejalan dengan norma dan nilai ajaran agama yang berasal dari wahyu sehingga peserta didik akan mencontohnya. Hal ini senada dengan yang dikatakan Zakiyah Drajat bahwa faktor terpenting bagi seorang pendidik adalah pribadinnya. Kepribadian itulah yang akan menentukan apakah ia akan menjadi pendidik dan Pembina yang baik bagi peserta didiknya, ataukah menjadi perusak atau penghancur bagi masa depan peserta didiknya.
Sedangkan bagi seorang peserta didik denan memahami konsep kepribadian muslim dalam perspektif filsafat pendidikan islam diharapkan peserta didik nantinya dapat berbudi pekerti (berkepribadian) yang baik sehingga dapat mudah menyerap ilmu yang diajarkan oleh pendidiknya serta nantinya diharapkan seorang peserta didik mendapatkan kebahagiaan didunia dan diakherat. Dan menjadi seorang yang paripurna (insane kamil) hal ini seperti yang dikatakan oleh Hamka bahwa tujuan dari pendidikan adalah terapannya manusia yang sempurna atau insane kamil. Sedang menurut Zakiyah Drajat konsep Insan Kamil diartikan sebagai manusia utuh Rohani dan Jasmaninya dapat hidup berkembang secara wajar dan normal karena taqwa kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar